Frameless Stereotactic Radiosurgery (fSRS)

Stereotactic Radiosurgery (SRS) dan Stereotactic Radiotherapy (SRT)

Prosedur stereotactic atau stereotaxy adalah suatu teknik lokalisasi yang menggunakan sistem koordinat 3 dimensi dengan presisi yang sangat tinggi untuk menentukan lokasi target berukuran kecil di dalam tubuh.

Stereotactic Radiosurgery (SRS) adalah suatu bentuk radiasi eksterna yang menggunakan dosis tinggi dalam satu kali penyinaran untuk mengecilkan atau menghancurkan jaringan tumor atau malformasi pembuluh darah yang terdapat dalam tubuh.

Teknik radiasi stereotaktik ini dapat pula diberikan secara fraksinasi dalam beberapa sesi. Metode ini disebut sebagai Stereotactic Radiotherapy (SRT).

Indikasi SRS dan SRT tersering antara lain adalah sebagai berikut :

  1. Neuroma akustik / schwannoma
  2. Meningioma
  3. Adenoma hipofisis
  4. Chordoma
  5. Craniopharyngioma
  6. Astrocytoma pylocytic
  7. Lesi metastatic
  8. Neuralgia trigeminal
  9. Malformasi arteri-vena (AVM)

Teknik SRS ini sudah mulai dikerjakan di RSCM sejak tahun 2009 dan pada mulanya kita menggunakan metode masker yang bersifat invasif berupa baut yang dilekatkan pada tulang tengkorak kepala. Seiring dengan kemajuan teknologi kedokteran, Unit Pelayanan Onkologi Radiasi RSCM juga melakukan terobosan dengan hadirnya metode yang tidak invasif dengan menggunakan masker ganda yang menggantikan metode sebelumnya yang lebih invasif ini. Metode SRS yang tidak invasive sudah tersedia sejak tahun 2014.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *